Wednesday 19 August 2009

Debat Anggota Tubuh




LUMPUHNYA ANGGOTA TUBUH




Al-kisah suatu malam seorang anak manusia terlelap pulas dalam tidurnya, di saat itulah terjadi percekokkan antar anggota tubuh. Mulai dari atas hingga ke bawah.


Mata berkata : "Lihat betapa pentingnya aku, manusia bisa menikmati keindahan dunia dengan seenaknya bahkan dengan memejamkan diriku bisa membuat nyenyak dalam mimpi".



Hidung berkata : " aku lebih penting daripada kau mata, denganku manusia bisa bernafas menhirup udara sepuasnya tanpa ada batasan".



Telinga berkata : "jika dilihat fungsi-nya maka akulah yang lebih penting, denganku manusia bisa menangkap kabar baik atau buruk sehingga bisa memilah mana yang benar dan salah".



Tangan berkata : "kalian semua itu cuma bagian yang menempel, tidak seperti aku lebih banyak bergerak dan aktif, manusia bisa mengambil apa saja yang dikehendaki tanpa ada kesulitan".



Kaki berkata : "Semua-nya bodoh, perhatikan mana bisa mengandalkan kalian jika tanpa diriku, aku mampu berjalan dan berlari sesuka manusia kemana dia pergi hingga berkeliling dunia atau menjelajahi angkasa".


Otak berkata : "Aku jauh lebih penting bahkan aku paling brillian dan pintar daripada kalian semua, akulah yang bisa menyimpan berbagai ilmu, tanpa aku manusia akan terlahir bodoh dan dungu".



Mulut berkata : "semua tidak ada artinya, dengan diriku manusia bisa berucap dan berbahasa dengan baik, juga aku bisa menjadikan manusia dengan bebas memasukkan makanan atau minuman, pokonya akulah segal-galanya".



percekokan beberapa anggota tubuh memantik rasa iri dan cemburu oleh bagian anggota lain yang hanya sekedar sebagai pelengkap atau hiasan.





Kuku berkata : "biarpun aku kecil tapi manusia terlihat anggun dan indah bahkan sempurna bila aku di hias secantik mungkin, dan akulah paling indah".





Alis berkata : "biarpun hanya sedikit jumlahku, tapi aku yang dibutuhkan manusia sebagai hiasan yang mengesankan, bayangkan bila mata tanpa aku, apa kata dunia ???".





Rambut berkata : "stop.. hentikan kesombongan kalian, biarpun aku kurang penting, paling tidak denganku manusia bisa dikatakan tampan, menawan, cantik, bila aku tidak ada, kalian semua akan mati kepanasan atau kehujanan karena sesunguhnya akulah yang melindungi kalian dari atas.





Semua berdebat ramai hanya soal siapa yang lebih penting sebagai anggota tubuh nomor satu, dan perselisihan semakin panjang manakala organ tubuh bagian dalam angkat bicara dalam forum debat.





Ginjal berkata : "fungsi kalian semua itu masih tidak sebanding denganku, aku bekerja keras siang malam tanpa henti menjaga agar aliran darah dan pencernaan manusia tetap sehat, stamina prima, tetap bisa beraktifitas tanpa sakit, kalau kalian tanpa aku, mana bisa ?".





Usus berkata : "Tidak perlu cari tahu siapa yang penting, sebab akulah yang lebih banyak berperan, tiap detik-menit-jam selalu bekerja melumat makanan, tanpa aku kalian semua akan mati lemas tanpa sumber makanan.





Paru-paru berkata : "Inilah aku sang raja organ tubuh, denganku manusia dan kalian semua bisa hidup, bisa bekerja, bisa berfungsi, jika aku berhenti, maka kalian bisa apa ?".





Semakin lama perselisihan tak kunjung reda, bahkan mereka saling mengumpat soal siapa dan apa fungsi mereka, dan yang paling akhir berkomentar adalah :





Kemaluan berkata : "aku memang letaknya dibawah,tersembunyi, tertutup, tak terlihat, tapi aku bisa membuat manusia merasakan kenikmatan luar biasa, aku paling dijaga daripada kalian, karena aku begitu istimewa".





hingga pagi datang perdebatan belum berhenti, sampai akhirnya mereka bertikai dan bertarung agar bisa disebut ORGAN NOMOR SATU (The One), sampai akhirnya..... ketika anak manusia itu terbangun ia tidak bisa bergerak sama sekali... ia lumpuh.. ia bisu.. ia tuli.. ia tersngal-sengal...sekarat...ia dalam sakaratul maut.... hingga..





Jantung berkata : "sesungguhnya akulah yang bisa menghidupkan dan mematikan kalian semua, lihatlah sekarang.......".





Maka anak manusia tersebut belum sempat dilarikan kerumah sakit sudah mati / meninggal dunia.





Itulah gambaran sebandainya anggota / organ tubuh itu adalah kita dan orang-orang disekitar kita, baik dalam lingkup rumah tangga, keluarga, warga, wilayah bahkan negara. Masing-masing berebut menjadi orang yang paling diberi julukan "PAHLAWAN" atau orang yang paling berjasa dan patut dihargai. Sungguh sebuah sifat sombong dan serakah.









Firman Allah SWT



Dan (ingatlah) ketika Kami berfirman kepada para malaikat: “Sujudlah kamu kepada Adam,” maka sujudlah mereka kecuali Iblis; ia enggan dan takabur dan adalah ia termasuk golongan orang-orang yang kafir”   (Q.S. Al Baqarah [2] : 34)



 ”Dan janganlah kamu berjalan di muka bumi ini dengan sombong, karena sesungguhnya kamu sekali-kali tidak dapat menembus bumi dan sekali-kali kamu tidak akan sampai setinggi gunung.” (Al Israa’ [17] :37)



Dan janganlah kamu memalingkan mukamu dari manusia (karena sombong) dan janganlah kamu berjalan di muka bumi dengan angkuh. Sesungguhnya Allah tidak menyukai orang-orang yang sombong lagi membanggakan diri.(Luqman [31] :18)







mari kita ambil hikmah dan makna tentang hal ini, sedikit kesombongan maka akan meruntuhkan kesatuan dan kesatuan antar umat / sesama baik muslim atau non muslim. semoga ada manfaat dan faedah-nya.







" Menciptakan Kreatifitas Dengan Keimanan "





 


No comments:

Post a Comment