Sunday 13 September 2009

Memahami Syahadat




Tentang Kalimat Syahadat



Adalah dua kalimat yang merupakan satu ikatan dalam sebuah pengakuan, karena bermakna adanya yang menciptakan dan yang diciptakan, adanya yang membentuk dan yang dibentuk, adanya yang memerintah dan yang diperintah, yaitu Allah dan Nabi Muhammad SAW. Oleh sebab itu Syahadat adalah wajib bagi yang melafazkan-nya, terlebih orang-orang yang mengaku dirinya muslim, beberapa pengertian tentang syahadat menurut pakar-pakar agama adalah :


1. Sebagai Sumpah / janji / ikrar.


Komitmen terhadap sebuah peraturan, sebelum mempelajari hal-hal lain tentang agama, karena-nya berada di urutan pertama, sebelum sholat, zakat, puasa dan haji.


contoh dalam satu sekolah ditentukan masuk jam 7 pagi pulang 12 siang, maka siswa yang patuh, mentaati peraturan maka dia tidak akan terlambat untuk berangkat sekolah. Karena saat dia mendaftar sudah menyetujui aturan-aturan yang diberlakukan disekolah tersebut.


contoh di suatu tempat kerja sudah ada peraturan jam kerja dari 8 pagi hingga 4 sore maka siapa karyawan yang teladan, dan berdedikasi baik akan terlihat dari sini, karena sebelum-nya saat melamar pekerjaan dia sudah berjanji / untuk mematuhi segala yang diputuskan perusahaan.



2. Sebagai Pembenar / Pengakuan.



kalimat "asyhadu" adalah saya bersaksi  berarti dia membenarkan, jadi jika orang belum memahami kalimat syahdat maka di belum bersaksi dan belum membenarkan/mengakui. Inilah yang dimaksud pembeda, antara yang bersaksi dan tidak.



3. Sebagai Pondasi dasar iman


Semua amalan dan ibadah muara-nya ada di dua kalimat syahdat ini yaitu beriman kepada Allah SWT dan Rasullullah (Nabi Muhammad SAW), tanpa syahadat maka robohlah segala amalan-amalan yang kita kerjakan.


contoh ada seorang dermawan, dan setiap ada bencana alam dia orang pertama yang memberikan sebagian hartanya untuk kemanusiaan, tapi amat disayangkan jikalau dia tidak pernah menyebut/mengucapkan kalimat Syahadat.


Contoh lagi orang miskin dengan segala kekurangan namun di dalam kehidupan bertetangga dia termasuk orang yang ramah tamah, baik hati tidak sombong, tutur katanya sopan santun, amaaaaatttt disayangkan dia tidak pernah tahu dan mencari tahu apa itu syahadat.



4. Sebagai Jaminan Masuk Syurga


didalam syadahat terdapat kalimat :





Dalam beberapa hadits rasullullah disebutkan :


" Maka sesungguhnya Allah mengharamkan atasnya neraka bagi orang yang mengucapkan Laa ilaaha illallaah karena Allah" (HR. Bukhori-Muslim) 



SYARAT MENGUCAPKAN SYAHADAT :





1. Berilmu.


2. Yakin.


3. Menerima.


4. Patuh.


5. Ikhlas.


6. Jujur.


7. Cinta.





MEMBATALKAN SYAHADAT :





1. Sirik / menyekutukan Allah.


2. Menolak ajaran rasul.


3. Menghina Allah dan rasul.


4. Sihir / Guna-guna atau sejenisnya.


5. Sikap memusuhi dan membenci Allah dan Rasul.


6. Menyebut syahadat karena terpaksa atau dalam ancaman.


7. Kafir.




YANG WAJIB BACA SYAHADAT :





1. Muslim.


2. Mualaf.





RUKUN-RUKUN SYAHADAT :



1. An-Nafyu = Peniadaan dalam kalimat pertama tersebut " Laa ilaaha.." yang berarti menghapus syirik / kekafiran atau sejenisnya yang disembah selain Allah SWT.


2. Al-Itsbat= Penetapan dalam kalimat pertama tersebut " Illallaahu"yang berarti mewajibkan satu komitmen untuk  menyembah yang hak yaitu Allah SWT.


3. Ifrath = Berlebih - lebihan, dalam kalimat kedua pun terbagi 2 hal yaitu tersebut " Muhammadurasullullah"yang berarti Nabi adalah manusia (seorang hamba) dan jangan menjadikan dia sebagai sesembahan dengan meminta pertolongannya.


4. Tafrith = Meremehkan, dalam kalimat kedua pun terbagi 2 hal yaitu tersebut " Muhammadurasullullah"yang berarti Nabi utusan Allah jadi jangan memandang ajaran-nya sebagai agama picisan, tapi sebuah pedoman / petunjuk dari Allah melalui beliau sebagai hambanya.



KAPAN SYAHADAT DI-LAFAZKAN :





1. Saat dalam kandungan apabila dari keluarga muslim.(ada hadits-nya tapi saya lupa...)


2. Saat seseorang masuk islam dengan iklas (mualaf)


3. Saat mengumandangkan Adzan dan Iqomah


4. Saat mendirikan sholat wajib/sunnah


5. Saat bertobat akibat kelalaian seperti orang mengaku nabi, orang islam yang ajarannya menyimpang lalu dia mohon ampun




Semoga Uraian diatas ada manfaat-nya,dengan belajar..belajar dan belajar dari awal bisa menjadikan kita tahu sedikit tentang islam, dan saya berharap artikel-artikel tentang keberadaan agama islam tidak hanya diperuntukkan blogger muslim tapi juga non muslim agar bisa dijadikan bahan pertimbangan.waasalamualaikum wr.wb.


No comments:

Post a Comment