Friday 28 August 2009

Belajar Dasar Islam




RUKUN ISLAM DAN RUKUN IMAN


Assalamualaikum Wr. Wb.

Waktunya untuk masuk pondok pesantren ala blog mengingat ini bulan suci / bulan ramadhan yang menurut Nabi Muhammad SAW adalah bulan-nya umat muslim untuk lebih mendekatkan diri kepada sang penciptanya yaitu ALLAH SWT. Posting kali ini adalah dasar-dasar Islam yang mungkin sudah diajarkan dibangku sekolah atau masjid-masjid tempat pengajian, yaitu rukun islam dan rukun iman, ayo .... masih ingat gak saudara-saudara blogger, kalau ingat... syukur alhamdulillah, tapi jika gak ingat ... kenapa ??? enggak pernah datang neeeh ke pengajian rutin, ya udah yuk belajar bareng-bareng sama saya disini, ini juga bukan dari saya lho ... tapi dari para ustadz, kyai, dan para sepuh, guru-guru saya, katanya kalau punya ilmu atau pengetahuan biar sedikit atau banyak harus diamalkan. mulai ya...





Rukun Islam ada 5 :




Sebuah Hadits yang dijabarkan dalam Hadits Nabawi dan diriwayatkan oleh Imam Bukhori dan Imam Muslim, bisa di DOWNLOAD, tepatnya di hadits kedua, halaman 7 - 9, itu mengenai susunan rukun islam, kalau tidak sempat baca hadits-nya, coba lihat dibawah ini urutannya:






1. Membaca Syahadat.




Saya bersaksi bahwa tiada tuhan selain ALLAH

dan saya bersaksi bahwa Nabi Muhammad adalah Rasul / utusan ALLAH


2. Mendirikan Sholat.








Sesunguhnya kami telah memberikan padamu nikmat yang banyak

Maka dirikanlah sholat karena Tuhan-mu dan Tunaikanlah zakat

Sesungguhnya orang-orang yang membenci-mu adalah orang yang terputus






3. Menunaikan Zakat.


Setelah mendirikan sholat adalah menunaikan Zakat, maksudnya agar kita ingat bahwa dalam harta kita, kekayaan yang dimiliki adalah 2,5% atau sebagian bukan hak kita, dan waktu untuk melaksanakannya pun tidak harus menunggu setelah puasa / terlebih dibulan Ramadhan, di luar bulan suci ini-pun kita tetap harus menghitung berapa materi dan harta benda yang sudah diberikan Allah SWT.



Dalam Al-Quran ada 35 ayat yang memerintahkan dan menjelaskan tentang zakat, dan 27 diantaranya satu kalimat dengan perintah sholat seperti dalam surat Al-Kautsar di atas ayat ke -2.





4. Menunaikan Ibadah Puasa.


sudah saya bahas di artikel sebelumnya (baca : Bonus Ramadhan)



5. Menunaikan Ibadah Haji.


Ibadah ini di khusus-kan bagi yang sudah mampu secara materi, rohani dan jasmani.


Firman Allah dalam Al-Imran : 97   

Firman Allah dalam Al-Baqarah : 196



Rukun Iman ada 6 :
 
Wahai Orang-orang yang beriman, tetaplah beriman kepada Allah dan Rasulnya,dan kepada Kitab yang Allah turunkan pada Rasulnya, serta Kitab yang Allah turunkan sebelumnya. Barang siapa yang kafir kepada Allah, Malaikat-malaikat-nya, Kitab-kitab-nya, Rasul-rasulnya dan Hari Kemudian, maka orang itu telah sesat sejauh-jauhnya.



1. Iman Kepada Allah SWT.


Iman oleh beberapa tokoh ulama di artikan membenarkan maka kalimat " la illa ha illallah " adalah benar bahwa tiada tuhan selain Allah.



2. Iman Kepada Malaikat.




Adalah sebagai ajudan Allah dalam segala urusan yang berkaitan dengan kita, maka membenarkan keberadaan malaikat adalah umat yang terbaik.

  • Malaikat diciptakan dari cahaya, setan / jin dari api, sedang kita manusia dari tanah.

  • Malaikat termasuk makhluk ciptaan Allah yang patuh dan taat, bahkan ketika diperintahkan untuk sujud pada manusia, malaikat pun melaksanakan.

  • Malaikat bertugas menyampaikan wahyu-wahyu Allah kepada Nabi/Rasul.



3. Iman Kepada Kitab-kitab Allah.





Sebagai petunjuk akan kebenaran awal dari seluruh isi bumi, juga kisah-kisah yang bisa dijadikan pelajaran bagi seluruh manusia, khususnya umat muslim. Maka benar jika wajib mempelajari-nya.




4. Iman Kepada Para Rasul.




Al Quran telah menjelaskan secara lengkap bahwa telah hadir Nabi/Rasul yang mengajak umatnya untuk menyembah hanya Allah, bukan yang lain. tercatat dalam sejarah islam ada 25 nabi/Rasul, urutan-urutannya adalah:





1. Nabi Adam



2. Nabi Idris



3. Nabi Nuh



4. Nabi Hud



5. Nabi Saleh



6. Nabi Ibrahim



7. Nabi Ismail



8. Nabi Luth



9. Nabi Ishaq



10.Nabi Yakub



11.Nabi Yusuf



12.Nabi Syu'aib



13.Nabi Ayub



14.Nabi Zulkifli



15.Nabi Musa



16.Nabi Harun



17.Nabi Daud



18.Nabi Sulaiman



19.Nabi Ilyas



20.Nabi Ilyasa



21.Nabi Yunus



22.Nabi Zakaria



23.Nabi Yahya



24.Nabi Isa



25.Nabi Muhamad SAW





5. Iman Kepada Hari Akhir / Kiamat.






Memang wajib bagi kita untuk membenarkan bahwa kelak akan datang hari kiamat.



“Wahai Manusia! Bertakwalah kepada Tuhan mu dan takutlah pada hari yang (ketika itu) seorang ayah tidak dapat menolong anaknya dan seorang Anak tidak dapat (Pula) menolong Ayahnya sedikitpun sungguh janji Allah pasti benar, maka janganlah sekali- kali kamu terperdaya oleh kehidupan dunia, dan jangan sampai kamu terperdaya oleh penipu (Setan) dalam (Mentaati) Allah.” ( QS. LUQMAN, 31:33)






6. Iman Kepada Takdir.


Dia (Allah) telah menciptakan segala sesuatu dan sungguh telah menetapkannya (takdirnya) (Al-Furqaan / QS. 25:2)





Dengan uraian diatas, mari kita kembali belajar dari awal tentang dasar-dasar islam, sebelum mempelajari lebih jauh tentang banyak hal dari Al-Quran, Hadits, Sunnah Rasul, Dll. Terkadang seseorang bisa menjadi pemimpin, jadi pengusaha terkenal, jadi kyai/tokoh ulama hebat baik, tapi tidak jarang pula ketika ditanya tentang urutan rukun islam dan rukun imam mereka sedikit lupa mengingatnya. semoga ada manfaat-nya jika memang berguna itu datangnya dari Allah SWT dan jika ada kekeliruan / kesalahan saya sebagai manusia mohon koreksi-nya, terutama dari ulama-ulama senior.






wassalamualaikum wr wb.






No comments:

Post a Comment